Lompat ke konten

Cara Buka Rekening Reksadana: 5 Tips Saldo Aman

Investasi, investasi, investasi. Kata yang belakangan ramai sekali, terutama karena hasilnya cukup menggiurkan. Buatku pribadi, investasi atau tabungan dalam bentuk reksadana ini menggoda karena tidak mudah ditarik lewat ATM. Terutama kalau niatnya memang untuk tabungan dana liburan. Hal yang pertama dicari tentu saja bagaimana cara buka rekening reksadana.

Memangnya apa sih reksadana itu? Terus cara kerjanya gimana? Hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi di reksadana? Hmm, tenang.. kamu bisa baca artikel ini sampai selesai, sehingga setelah ini kamu bisa mantap buka rekening reksadana

Cara Buka Rekening Reksadana

First thing first, sebelum belajar cara buka rekening reksadana, ketahui dulu definisinya. Setelah tahu definisi, pikirkan untuk buka rekening secara langsung atau melalui platform online (aplikasi). Lalu, siapkan semua persyaratannya, dan terakhir, sabar menunggu verifikasi. Cek detailnya yuk

Apa itu reksadana?

Menurut UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, reksadana didefinisikan sebagai wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Ringkasnya, reksadana adalah perantara resmi dari investor untuk diinvestasikan ke surat berharga. Investasinya bisa berupa saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. Lalu cara kerjanya bagaimana?

cara buka rekening reksadana untuk liburan

Investasi untuk Liburan | Christine Roy@Unsplash

Cara kerja reksadana

Setelah tahu pengertiannya, kamu perlu tahu bagaimana cara kerja reksadana agar makin yakin untuk investasi demi dana liburan. Secara sederhana, cara kerja reksadana adalah:

  • Manajer investasi mengumpulkan dana dari nasabah, ya kamu sebagai nasabahnya.
  • Dana yang dipegang manajer lalu diinvestasikan ke instrumen. Tenang, langkah ini melibatkan kamu sebagai nasabah, yang intinya kamu harus menyepakati instrumen tujuan investasi.
  • Sebagai nasabah, kamu tinggal menerima laporan investasi berkala, biasanya bulanan. Isinya adalah kinerja produk, komposisi aset, dan portofoliomu.
Artikel Terkait  The Cats in the Museum : Tiga Aktivitas untuk Menghabiskan Weekend di Bangkok

Setelah tahu cara kerja reksadana, kamu siap untuk mulai buka rekeningnya?

Cara Buka Rekening Reksadana untuk Pemula

Untuk memulai berinvestasi demi dana liburan, ada 2 (dua) cara buka rekening reksadana.

Pertama, langsung datang ke kantor manager investasi. Bawa dokumen resmi pendukung seperti KTP dan NPWP. Cek syarat tambahan lainnya sebelum datang, daripada kamu bolak-balik hanya untuk melengkapi syaratnya.

Kedua, daftar melalui platform online (tanamduit, bareksa, ajaib, tokopedia, dll). Di dalam platform ini ada banyak pilihan manager investasi dengan beragam produk reksadananya. Lebih praktis, lebih cepat, dan nilai investasi sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000,00 saja.

Jika memilih platform online, download dulu aplikasi pilihanmu lalu ikuti langkah pembukaan rekening. Jangan lupa persiapkan syarat, seperti:

  • KTP
  • NPWP
  • Email aktif
  • No hp aktif
  • Rekening bank aktif atas nama pribadi

Lalu upload foto diri dan dokumen pendukung sebagai syarat. Tanda tangan online.

Kalau semua data dan dokumen sudah terisi lengkap, tunggu verifikasi dan pengaktifan akun reksadana. Setelah akunmu terverifikasi dan aktif, kamu bisa langsung menggunakan akun reksadanamu untuk berinvestasi. Kadang-kadang, perlu menunggu beberapa jam/hari sampai muncul di dashboard platform. Jangan panik ya kalau danamu belum terbaca, karena selain langkah-langkah di atas, bersabar juga masuk syarat cara buka rekening reksadana.

cara buka rekening reksadana

Investasi untuk Dana Liburan | Towfiqu@Unsplash

Hal Penting dalam Membuka Rekening Reksadana

Sekarang, setelah rekening reksadanamu aktif, mari periksa ulang hal penting di bawah ini sebelum kamu mulai berinvestasi atau mengubah besaran alokasi dana investasimu. Eh memang kenapa? Ya, biar makin mantep aja sih nabungnya.

1. Tentukan tujuan investasi

Apa tujuanmu berinvestasi? Jika kembali ke niat utama untuk dana liburan, tentunya kamu bisa mulai menentukan lamanya waktu investasi. Misal, tabungan dana liburan ke Eropa Timur untuk tahun 2025. Dari durasi ini, kamu bisa hitung target total investasimu, kemudian membaginya agar bisa menentukan besaran alokasi investasi tiap bulan.

Artikel Terkait  After reading these quotes, just get lost and then...blow your mind!

2. Pahami profil risikomu

Jika kamu menggunakan platform investasi online, kamu bisa memilih fitur profil risiko untuk mengetahui profilmu. Jika tidak tersedia, atau kamu membuka rekening reksadana secara offline, ada baiknya kamu melihat bagaimana pengelolaan keuanganmu selama ini, dan jujur pada diri sendiri, apakah kamu masuk dalam profil konservatif (sangat berhati-hati dalam memilih instrumen investasi, biasanya memilih yang berisiko rendah meski hasil investasinya tidak besar), moderat (tingkat menengah), atau agresif (tujuannya adalah mendapat investasi yang besar, dan bisa menanggung risiko yang besar

3. Sesuaikan produk reksadana dengan tujuan menabung.

Kamu bisa memilih produk reksadana yang sesuai dengan tujuan investasi dan profil risikomu. Secara umum, ada 4 (empat) jenis produk reksadana: Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham.

4. Pilih manager investasi terpercaya & pelajari produk reksadananya.

Selanjutnya, kamu bisa memeriksa portofolio beberapa manager investasi sekaligus mempelajari produk reksadananya agar kamu punya gambaran tentang kinerja selama ini. Untuk beberapa platform online, tingkat kepercayaan terhadap manager investasi dan kinerjanya dilambangkan dengan rating atau bintang. Riset adalah salah satu langkah penting dalam cara membuka rekening reksadana, jangan malas, ya.

5. Cek support system-mu

Support sistem berarti teman-teman yang bisa kamu ajak diskusi untuk memilih produk reksadana, juga pilihan manajer investasi. Tujuannya, agar kamu mantap dan tidak terburu-buru dalam berinvestasi sehingga hasilnya pun sesuai dengan keinginan.

Sudah Siap Buka Rekening Reksadana?

Setelah tahu langkahnya dan cara buka rekening reksadana, kamu sudah siap menabung dan membambah dana liburanmu, kan? Yang penting, kamu jangan sampai terlewat untuk mempertimbangkan hal-hal penting sebelum berinvestasi di reksadana. Banyak-banyaklah membaca dan melakukan riset, agar investasi untuk dana liburan makin cuan!

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: