Lompat ke konten

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa: Ada Lima Kesempatan!

  • oleh

Lembaga yang menawarkan program kursus komputer, baik soft-skill maupun hard-skill, makin menjamur sejalan dengan perkembangan di dunia digital. Bagi para pencari ilmu, banyaknya program ini akan memunculkan pertanyaan: setelah lulus kursus komputer bisa kerja apa dan di mana? Kali ini, kamu bisa mendapat lima bidang pekerjaan yang tersedia setelah lulus kursus komputer.

Selain lima pekerjaan di bawah ini, tentunya masih banyak kesempatan bekerja di bidang lain yang bisa kamu sesuaikan dengan passionmu agar kamu makin bersemangat belajar di kelas juga bisa mencari sendiri untuk pertanyaan-pertanyaan yang belum kamu dapatkan jawabannya.

Kursus Komputer bisa Kerja Apa

kursus komputer bisa kerja apa

Content Writer atau Social Media Specialist (Sumber: Tim Gouw on Unsplash)

Memilih program kursus komputer yang tepat juga bisa membantu perkembangan karir kamu. Bahkan kalau kamu berencana untuk bekerja dari mana saja (Work from Anywhere), ada banyak bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih, bahkan bisa sambil jalan-jalan. Eh, kok bisa? Lulusan kursus komputer bisa kerja apa memangnya? 

Lanjut baca, yuk? Karena setelah selesai baca artikel ini, bisa jadi kamu akan mendapat pencerahan tentang program kursus yang bisa kamu pilih, sekaligus merencanakan perkembangan karir di masa mendatang.

Lowongan Kerja untuk Lulusan Kursus Komputer

Kalau kamu cari lowongan pekerjaan, ada banyak posisi bisa kamu isi tanpa perlu belajar di kelas formal. Mengikuti kursus komputer bisa kerja apa saja dan kebanyakan pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja, atau istilah kerennya Work from Anywhere. Apa saja bidang pekerjaan yang gajinya juga bikin ngiler?

Artikel Terkait  After reading these quotes, just get lost and then...blow your mind!


Content Writer 

Pekerjaan kedua setelah kursus komputer adalah, penulis konten atau content writer. Content writer tidak hanya sekadar menulis, namun mereka harus bisa mencapai hati pembacanya. Nah seni menulis semacam itulah yang perlu dipelajari di kelas kursus komputer. Di kelas, kamu akan belajar membuat outline tulisan yang baik, memilih kata yang pas, juga bagaimana mendeskripsikan suatu hal agar pembaca juga merasakannya. Enaknya lagi, content writer biasanya tidak terikat pada satu perusahaan saja, jadi mereka bisa menjadi pekerja lepas untuk beberapa perusahaan dan menjadi saksi hidup kalau lulusan kursus komputer bisa kerja apa saja dan di mana saja. 

 

Web Developer 

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang pekerjaan di belakang layar. Meskipun demikian, hasil kerja seorang web developer akan menjadi etalase utama bagi usaha dan branding secara digital. Untuk menjadi seorang web developer, diperlukan kemampuan berlogika yang baik dan pemahaman akan bahasa pemrograman. Hal-hal ini bisa dipelajari selama mengikuti kursus komputer di tempat yang berkualitas. Web developer juga salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, alias tidak perlu ngantor tiap hari. Kamu juga bisa buka bisnismu sendiri berbekal pengalaman. Nah, masih bingung setelah lulus komputer bisa kerja apa?

 

UI/UX Designer

kursus komputer bisa kerja apa

UI Designer (Sumber: Kelly Sikkema on Unsplash)

Ketika kamu selesai menginstall aplikasi, lalu memuji tampilan aplikasi yang menarik, baik dari segi tipografi, warna, atau desain keseluruhan, berarti kamu sedang memuji hasil kerja seorang UI (User Interface) Designer. Namun ketika kamu merasa bahwa, aplikasinya mudah dipakai bahkan bagi pemula, ini berarti kamu sedang berurusan dengan hasil jerih payah seorang UX (User Experience) Designer.

Artikel Terkait  Rumasuar: Sebuah Perjalanan Menuju Pulang

Memahami perbedaan kedua hal di atas adalah langkah awal dalam menentukan program kursus komputer yang tepat sehingga kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Misalnya, ketika kamu ingin mendesain aplikasi yang mudah dipakai oleh lansia tanpa mereka belajar terlalu lama, kamu bisa memilih program UX Designer. Demikian halnya ketika kamu lebih tertarik dengan desain dan tipografi yang disesuaikan dengan pengguna aplikasi, program kursus yang kamu ambil adalah UI Designer. Kadang-kadang ada program yang menawarkan keduanya. Jadi kamu tidak bingung lagi dan bertanya kalau lulus kursus komputer bisa kerja apa?

 

Social Media Specialist 

Social Media Specialist sepertinya adalah pekerjaan yang bisa dilakukan siapa saja. Namun, untuk menjadi seorang specialist yang berhasil dan dicari perusahaan, ada beberapa hal yang harus dimiliki, seperti kemampuan menganalisis trend, merencanakan konten, juga membaca laporan sosial media. Memang, semua hal ini bisa dipelajari secara mandiri. Akan tetapi, tips dan triknya kadang hanya dibagikan oleh pengajar di kursus komputer. Tentunya hal ini hanya didapat jika kita mengikuti program kursus yang didesain untuk social media specialist. Setelah lulus program ini, carilah kesempatan untuk magang di perusahaan agar kamu terbiasa dengan ritme kerja seorang Social Media Specialist dan tidak bingung lagi setelah lulus komputer bisa kerja apa

 

Drafter 

kursus komputer bisa kerja apa

Drafter (Sumber: Nate Johnston on Unsplash)

Pekerjaan kelima adalah tukang gambar bangunan atau drafter. Seorang drafter wajib menguasai perangkat lunak spesifik yang penting dalam konstruksi bangunan, dari tahap perencanaan sampai tahap pelaksanaan dan evaluasi proyek. Meski seorang drafter bisa belajar secara otodidak, namun perusahaan konstruksi biasanya mensyaratkan sertifikat kursus komputer dan sertifikat kecakapan tertentu. Kedua sertifikat ini hanya bisa diperoleh di lembaga kursus komputer.

Artikel Terkait  Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Refund Tiket Pesawat

Jika seorang drafter sudah menguasai satu perangkat lunak, biasanya dia akan memerlukan sertifikasi di tahap yang lebih ahli atau bahkan akan belajar perangkat lunak lainnya. Seiring dengan kecakapan yang dimiliki, seorang drafter memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang konstruksi yang lebih spesifik di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, kamu tak bingung lagi setelah kursus komputer bisa kerja apa karena peluang kerja seorang drafter sangatlah luas.

 

Pekerjaan Mana yang Dipilih?

Kelima pekerjaan di atas hanya sedikit contoh pekerjaan yang akan menjawab pertanyaan: kursus komputer bisa kerja apa? Yang paling penting, tanyakan dulu ke diri sendiri, hal apa yang menarik dan membuatmu ingin belajar. Jika keinginan belajar muncul dari hati, kamu pasti akan lebih semangat untuk belajar hal baru. Bisa jadi, salah satu dari lima pekerjaan di atas akan datang padamu. 

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: