Lompat ke konten

Peluang Usaha Tahu Walik: Banyak Untungnya!

Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner dan sedang mencari ide usaha? Menjadi salah satu kuliner nusantara yang cukup banyak peminatnya, peluang usaha Tahu Walik patut kamu pertimbangakan untuk ide bisnis baru.

Peluang Usaha Tahu Walik

Tahu walik mudah dibuat dan bisa dimakan kapan saja. Otomatis, peminat jenis makanan ini juga berbanding lurus dengan supply tahu walik. Peluang usaha tahu walik masih terbuka lebar, sehingga pebisnis pemula pun bisa melakukannya. Bisnis tahu walik sangat menjanjikan, berikut alasan kenapa kamu bisa mencoba peluang usaha ini:

Memiliki Banyak Peminat

Indonesia memiliki beragam kuliner nusantara dengan cita rasa yang kaya. Nah, salah satu hidangan nusantara yang saat ini sedang naik daun adalah Tahu Walik. Tahu Walik adalah makanan khas yang berasal dari daerah Banyuwangi yang kini sedang banyak diburu oleh pecinta makanan.

Ada beberapa alasan mengapa makanan ini memiliki banyak penggemar saat ini. Selain rasanya yang enak, tahu walik merupakan jajanan yang tergolong sehat. Berbahan dasar tahu, kelebihan tahu walik adalah baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan kekuatan tulang. 

Bukan hanya itu, hidangan Tahu Walik ini sangat banyak peminatnya karena dapat dijadikan lauk makan bersama nasi, bukan sekedar cemilan saja. Sudah mulai terbukti jalau peluang usaha tahu walik ini cukup menjanjikan.

Tahu Walik | Kompas

Tahan Lama

Salah satu tantangan terbesar dalam bisnis kuliner adalah bahan makanan yang mudah busuk dan tidak tahan lama. Hal ini tidak berlaku pada Tahu Walik. 

Artikel Terkait  5 Cara Mengatur Modal dan Keuntungan untuk UMKM

Dengan pengolahan yang baik dan penyimpanan yang benar maka makanan olahan tahun ini dapat bertahan tiga hari dalam lemari es dan satu minggu dalam freezer.

Tidak Membutuhkan Modal yang Banyak

Alasan lain mengapa bisnis Tahu Walik ini sangat direkomendasikan adalah modal yang kamu perlukan tidak begitu besar. Pembuatan Tahu Walik tidak memakan biaya yang besar karena bahan-bahannya yang murah dan dapat dengan mudah kamu temukan.

Saat ini, besarnya minat konsumen terhadap kuliner dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis tahu walik yang menjanjikan. Bukan hanya itu, jika bandingkan dengan bisnis kuliner lain, Tahu Walik tidak membutuhkan modal yang besar.

Tahu Walik terbuat dari bahan-bahan yang relatif terjangkau dan mudah untuk kamu cari. Berikut adalah perhitungan modal usaha Tahu walik untuk 100 porsi sebagai gambarannya:

Bahan Jumlah  Biaya
Tepung Terigu  1000 gr 20.000
Merica 10 bungkus 10.000
Tepung Tapioka 2500 gr 75.000
Bawang Putih  50 siung 35.000
Daging Ayam 5 kg 160.000
Daun Bawang 20 helai  10.000
Garam  1 bungkus 10.000
Ikan Tongkol 10 ekor 80.000
Tahu 250  80.000
Cabe Rawit 3 kg 21.000
Minyak Goreng 10 liter 160.000
Gula Merah 10 kg 130.000
Total Biaya 791.000

 

Dengan perhitungan tersebut maka modal awal yang kamu butuhkan untuk membuka bisnis Tahu Walik berkisar di angka 791.000 rupiah. Harga yang tertera tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu. Namun demikian, dengan rentang harga ini, Tahu Walik adalah bisnis yang tidak memerlukan modal besar.

Strategi Pemasaran Jajanan Tahu Walik

Pada kesempatan ini apabila kamu tertarik dengan bisnis ini, mempelajari strategi pemasaran Tahu Walik yang tepat sangat penting dilakukan. Tujuannya tentu saja agar bisnis Tahu Walik milikmu dapat bersaing dan memberikan keuntungan yang besar. 

Artikel Terkait  Top Selfie Pinusan: Be Selfi(e)sh under the Pine Trees

Agar peluang usaha tahu walik bisa memberikan keuntungan yang dijanjikan, kamu bisa menerapkan strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dapat kamu manfaatkan untuk usaha Tahu Walik ini adalah strategi 4P, yakni product, price, promotion, dan placement. Berikut penjelasannya:

Product

Dalam dunia bisnis, persaingan antar pedagang dengan produk dagangan yang sama tidak dapat dihindari. Wajar, karena peluang usaha tahu walik tergolong cukup menjanjikan. Pada situasi ini kamu dapat melakukan inovasi pada barang dagangan. 

Penjual produk Tahu Walik umumnya menjual produknya dengan memberikan saus atau cabai sebagai pelengkap. Di sini kamu bisa membuat inovasi dengan menciptakan saus unik yang berbeda dengan para pedagang Tahu Walik lainnya. Dengan demikian, barang dagangan kamu memiliki ciri khas tersendiri di mata konsumen.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan inovasi dari segi kemasan. Jika pedagang lain menggunakan kantong plastik atau mika untuk membungkus produknya, kamu bisa mencari alternatif lain. Sebagai gantinya kamu dapat menggunakan kemasan seperti lunch box bento  atau food pail dapat kamu gunakan.

Price

Tidak perlu dipertanyakan lagi, harga produk memiliki peran yang cukup penting dalam menarik hati konsumen. Hindari memasang harga di atas harga pasaran Tahu Walik. Untuk menggaet konsumen dan meningkatkan penjualan, kamu juga bisa memberikan potongan harga untuk setiap pembelian Tahu Walik dalam jumlah tertentu. Di sini, kamu mulai bisa membuktikan peluang usaha tahu walik yang benar-benar memberi keuntungan.

Promotion

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk melakukan promosi. Kamu dapat melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, siaran atau story WhatsApp. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mencoba teknik promosi WOM (Word of Mouth), teknik promosi dari mulut ke mulut.

Gorengan, favorit semua orang | Unsplash-Arif Ramdhasuma

Placement

Kemudian pilihlah lokasi penjualan yang strategis, banyak dilalui oleh orang-orang, serta mudah dijangkau oleh masyarakat. Contohnya lokasi strategis untuk berjualan adalah stasiun, terminal, dan sekolah.

Artikel Terkait  5 Kuliner Palangka Raya, Citarasanya Unik dan Khas!

Bisnis Tahu Walik untuk Masa Depan yang Baik

Dari beberapa pembahasan mengenai alasan bisnis, modal dan strategi pemasaran Tahu Walik, apakah kamu mulai tertarik dengan bisnis kuliner ini? Tunggu apalagi? Jangan lewatkan peluang usaha Tahu Walik ini!

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: