Lompat ke konten

Proposal Usaha Warung Indomie untuk Gaet Investor

Memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan, kamu bisa membuat proposal usaha warung Indomie untuk bantu mencari pemodal atau tambahan dana usaha. Ya, bukan rahasia umum jika bisnis warung Indomie adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Warung makan Indomie atau warmindo adalah tempat makan yang memiliki banyak peminat. Apa alasannya? Seperti halnya warung kopi dan warung burjo (bubur kacang hijau), warmindo atau warung makan Indomie memiliki berbagai variasi menu, mematok harga murah dan yang cukup terjangkau.

Selain itu, nama besar brand Indomie juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Penggunaan nama Indomie di warmindo yang cukup kuat menarik pelanggan. Hal ini dikarenakan Indomie merupakan salah satu merk mie instan yang memiliki penikmat yang cukup loyal. Kamu tertarik jadi salah satu pemilik Warmindo?

Proposal Usaha Warung Indomie

Untuk menghitung berapa modal usaha warung indomie yang akan kamu butuhkan, kamu harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan usaha warmindo ini. Semua kebutuhan ini harus kamu tulis di dalam proposal usaha warung Indomie.

Saat ini harga satu kardus Indomie di pasaran berkisar 100.000 rupiah dengan isi 40 bungkus Indomie. Nah, jika kamu memiliki target penjualan sebesar 200 porsi Indomie sehari, maka kamu akan memerlukan 5 kardus Indomie. Dengan demikian kamu memerlukan modal sebesar 500.000 rupiah.

Artikel Terkait  After reading these quotes, just get lost and then...blow your mind!

Namun demikian, bukan hanya Indomie yang perlu kamu siapkan. Ada beberapa bahan tambahan yang perlu dibeli seperti bawang, cabai, minyak goreng, telur, dan gas. 

Untuk kebutuhan ini, anggap saja kamu akan membutuhkan dana sebesar 300.000 rupiah. Maka modal yang kamu perlukan untuk memulai warmindo berkisar 800.000 rupiah.

Cara Membuka Warung Indomie

Apakah warmindo adalah franchise? Meski telah bertebaran dimana-mana, warmindo sendiri bukanlah franchise karena dalam memulai usaha ini kamu tidak perlu meminta izin secara resmi ke Indofood. Lalu, bagaimana cara untuk memulai dan membuka usaha warmindo ini?

Melansir dari laman Instagram resmi @WarmindoOfficial, jika kamu ingin memulai usaha warmindo ini ada beberapa langkah yang bisa kamu siapkan:

Lokasi

Kamu dapat menggunakan bagian rumah yang kosong. Jika ingin menggaet lebih banyak konsumen, kamu dapat memilih tempat yang strategis seperti lahan di depan kantor atau sekolah untuk menjadi tempat usaha.

Makan mie

Pilih lokasi strategis | Unsplash-Kukuh Napaki

Sediakan Peralatan dan Perlengkapan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan yang akan kamu butuhkan. Perhatikan dengan seksama peralatan apa saja yang akan kamu butuhkan untuk memasak dan menunjang kebutuhan konsumen.

Modal

Hal tidak kalah penting tentu saja modal. Siapkan modal yang cukup sesuai dengan rancangan anggaran. Bagaimana jika modal yang kamu miliki belum cukup?  Jangan khawatir, kamu bisa mencari investor atau pemodal lain dengan membuat proposal usaha. Inilah pentingnya membuat proposal usaha Warung Indomie yang meyakinkan.

Daftarkan Warung Indomie melalui DM Instagram

Setelah menjalankan usaha warmindo dan menjual produk siap saji, kamu dapat mendaftarkan kemitraan warmindo melalui DM Instagram ke @WarmindoOfficial

Poin Penting dalam Proposal Usaha Warung Indomie

Ingin membuka warung makan Indomie tapi modal yang kamu punya belum cukup? Jangan bingung, kamu bisa mencari pemodal lain atau investor untuk memulai usaha ini dengan membuat proposal usaha warung indomie.

Artikel Terkait  Foto di Ponsel Terhapus: Coba Gunakan Aplikasi Ini

Proposal usaha warmindo ini bisa kamu tawarkan ke orang yang berpotensial menjadi investor atau pemodal. Mulai dari pihak bank, teman, keluarga, dan kerabat lainnya.

Nah, dalam pembuatan proposal usaha ini ada beberapa poin penting yang perlu kamu tuliskan secara jelas. Tujuannya agar investor lebih yakin dan tertarik untuk menanamkan uangnya untuk usaha kamu ini. Apa saja poin penting tersebut?

Jelaskan Usaha Warung Indomie Kamu

Poin pertama adalah dalam penulisan proposal usaha Warung Indomie adalah menjelaskan secara tuntas usaha warung Indomie kamu ini. Pertama jelaskan alasan kamu memilih usaha ini dibandingkan bisnis lainnya. Kedua, sebutkan keunikan serta keunggulan warung Indomie kamu dari warmindo lainnya.

Pemilihan Lokasi

Jelaskan secara spesifik mengenai lokasi tempat usahamu. Dimana lokasi usahamu, apa alasan kamu memilih tempat tersebut, dan apa potensi dari pemilihan lokasi tersebut. Pemilihan tempat usaha strategis dapat membantu meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya pada bisnis kamu.

Produk yang akan Kamu Jual

Selanjutnya jelaskan juga produk-produk yang akan kamu jual di warung makan Indomie ini. Berikan beberapa contoh menu yang akan kamu kreasikan untuk usaha warung ini. Jelaskan juga apa yang menjadi daya tarik menu buatanmu dibandingkan dengan menu milik warmindo lain.

indomie goreng

Mie Goreng dengan Topping | Unsplash-Ikhsan Baihaqi

Target Pasar

Selain ketiga poin di atas, kamu juga perlu menuliskan secara jelas siapa yang menjadi target pasar usahamu ini.Dengan memahami siapa target pasar ini, kamu dapat menentukan besaran harga yang akan kamu masukkan ke dalam menu.

Laporan Keuangan 

Poin penting lainnya yang tidak dapat kamu lupakan adalah laporan keuangan. Susun laporan keuangan mulai dari rincian modal usaha warung Indomie hingga rencana alokasi dana modal tersebut. Dengan mencantumkan laporan keuangan di dalam proposal usaha warung Indomie, kamu bisa memperoleh kepercayaan lebih dari calon investor.

Artikel Terkait  The One and Only Heritage Boutique Hotel : The Sidji

Manajemen Warmindo

Jangan lupa juga untuk mencantumkan sistem manajemen yang akan kamu terapkan untuk warung makan Indomie ini. Jelaskan juga sumber daya orang atau tenaga yang akan mengelola warmindo, mulai dari sistem kerja dan gajinya.

Melampirkan Dokumen Pendukung

Lampirkan dokumen-dokumen yang dapat membantu meyakinkan calon investor. Dokumen pendukung seperti ilustrasi desain warmindo yang akan digunakan nantinya atau dokumen hasil survei market. Dengan demikian, maka investor akan lebih yakin lagi untuk berinvestasi pada rencana bisnis kamu.

Warung Indomie, usaha yang tak pernah mati.

Nah, beberapa hal di atas perlu kamu cantumkan pada proposal usaha warung Indomie jika ingin memperbesar peluang kamu menggaet pemodal. Tunggu apalagi? Ayo mulai bisnis warmindomu!

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: