Lompat ke konten

7 Ide Usaha Jajanan Modal 100 ribu untuk Traveling

  • oleh

Akhirnya, perbatasan antarnegara mulai dibuka lagi. Maskapai berlomba-lomba menawarkan harga terbaiknya, penginapan juga mulai gencar promosi. Kamu sudah siap traveling lagi? Eh, apa? Tabungannya belum cukup? Hm, gimana kalau kita mulai buka usaha kecil-kecilan untuk nambahin tabungan. Jual jajanan bisa jadi salah satunya, lho. Karena pasarnya luas, jajanan punya prospek bagus untuk menjadi usaha sampingan, mengingat usaha ini tidak memerlukan modal besar. Usaha jajanan modal 100 ribu bisa dijadikan kegiatan untuk menambah tabungan travelingmu, sekaligus lahan belajar buka usaha

Untuk memulai usaha jajanan, hal utama yang perlu dilakukan tentunya riset pasar, mulai dari jenis jajanan yang paling laku, packaging yang diminati pembeli, sampai ke survey pusat grosir jajanan agar bisa mendapatkan harga termurah dan bisa mencicipi kualitas jajanan. Tentunya kita tak mau kalau kualitas jajanan yang kita jual ternyata mengecewakan pembeli, kan?

Usaha Jajanan Modal 100 Ribu

Bagi beberapa orang, uang 100 ribu bisa digunakan untuk sekali nongkrong dan jajan di kedai kopi kenamaan. Orang lain menggunakan 100 ribu untuk beli buku bacaan. Dengan nominal yang sama, kenapa tidak mencoba untuk usaha jajanan modal 100 ribu?

Apa yang Diperlukan Sebelum Memulai Usaha Jajanan?

Pertanyaan ini banyak sekali dilontarkan olah orang-orang yang sedang merencanakan sebuah usaha. Pastinya yang pertama kali harus dipunyai adalah niat. Niat ini harus didukung oleh modal usaha. Cukup dengan 100 ribu, usaha paling sederhana bisa dimulai, ya usaha jajanan. Seapes-apesnya, kalau kurang laku, bisa dikonsumsi sendiri.

Artikel Terkait  5 Jenis Investasi Online Modal 100 Ribu: Ada Emas!

Selain itu, kamu bisa mulai berpromosi di sosial media. Gunakan kekuatan media digital untuk memasarkan barang daganganmu. Usahakan untuk membuat akun sosial media khusus untuk jajananmu agar orang mulai aware. Jika dipandang perlu, kamu bisa mulai sisihkan sebagaian untuk membuat iklan/ads, cukup kok untuk mulai buka usaha jajanan modal 100 ribu

Ide Jenis Makanan Ringan untuk Usaha Jajanan Modal 100 Ribu

Dari sekian banyak pilihan jenis jajanan, kamu bisa intip beberapa rekomendasinya. Tentu saja, rekomendasi ini bukan hal mutlak yang harus diikuti. Kamu bisa menggunakan jenis jajanan di bawah ini, lalu lakukan riset kecil-kecilan untuk tahu jajanan mana yang paling diminati oleh (calon) konsumenmu. Setidaknya ada 7 macam jajanan yang bisa kamu pilih untuk jualan pertamamu dan siapa aja bisa mulai usaha jajanan modal 100 ribu.

  1. Keripik Singkong Balado

Keripik singkong adalah salah satu jenis jajanan yang disukai berbagai lapisan usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Cita rasa gurih asin pedas membuat penikmat keripik singkong susah berhenti mengunyah. Supplier keripik juga cukup mudah ditemukan. Dengan kemudahan ini dan prospek penjualan yang baik, keripik singkong balado bisa dipertimbangkan untuk memulai usaha jajanan modal 100 ribu.

Keripik | Jeff Siepman@Unsplash

Keripik | Jeff Siepman@Unsplash

  1. Keripik Pisang

Keripik pisang biasanya hadir dalam varian manis dan asin. Keduanya juga banyak dicari sebagai pilihan cemilan. Seperti keripik singkong balado, keripik pisang mudah didapatkan dalam bentuk bulk, sehingga kamu bisa menyediakan dalam kemasan lebih kecil sehingga harganya-pun lebih terjangkau dan keripiknya lebih mudah dinikmati. Tentunya, packaging ulang perlu masuk hitungan anggaran usaha.

  1. Makaroni Pedas

Varian makanan ringan yang bisa distok untuk membuka usaha jajanan modal 100 ribu adalah Makaroni Pedas. Banyak yang ketagihan dengan sensasi pedas makaroni dalam packaging yang mudah dibawa ke mana-mana. Selain kepraktisannya, makaroni juga termasuk snack yang cukup tahan masuk angin alias tidak mudah melempem.

  1. Bakso Goreng

Basreng, siapa tak kenal dengan jenis makanan ini. Basreng mulai dikenal saat camilan pedas gurih dijajakan keliling oleh salah satu vendor yang sempat viral beberapa tahun lalu. Sekarang, basreng mudah ditemukan di mana saja. Ada banyak supplier basreng dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa dapat basreng dalam kemasan besar dengan harga murah jika pengen usaha jajanan modal 100 ribu. Nah kenapa kamu gak ikutan menjajakan basreng untuk teman-teman kos atau teman sekelasmu?

  1. Risol Mayo

Risol mayo masih menjadi primadona penyuka snack basah. Memang butuh sedikit usaha untuk memasaknya sendiri, tapi jika kamu bisa membuatnya, kamu punya peluang untuk berjualan risol mayo versi frozen sekaligus versi siap santap. Namun, jika kamu memilih untuk membeli risol mayo frozen, lalu menjualnya kembali, kamu juga tetap bisa mendapat keuntungan. Menarik kan?

  1. Dimsum

Serupa dengan risol mayo, dimsum juga masih banyak dicari untuk dimakan sendiri maupun ramean dengan teman. Dengan masih banyaknya permintaan, tentunya dimsum juga bisa menjadi pilihan untuk usaha jajanan. Kemudahan mencari supplier dimsum dalam bentuk mentah maupun setengah matang, masih berimbang dengan banyak konsumen. Cocok lah untuk dicoba.

  1. Salad Buah

Nah, terakhir, makanan yang bisa dijadikan usaha jajanan untuk menambah saldo tabungan  traveling adalah makanan sehat, ringan, mudah dibuat, dan banyak dicari orang. Yak, salad buah. Coba sediakan berbagai pilihan buah dan dressing. Lalu, jaga kualitas buah dari segi rasa dan kesegarannya.

Salad Buah untuk usaha jajanan modal 100 ribu

Salad Buah | Yulia Khlebnikova@Unsplash

 

Artikel Terkait  7 Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Mana yang Kamu Pilih Jadi Usaha Pertamamu?

Gimana? Udah dapet ide untuk menjajal usaha jajanan modal 100 ribu? Atau malah kamu jadi punya ide untuk mencoba hal lain? Selain sebagai modal usaha, uang 100 ribu masih bisa dipakai untuk investasi lain, sih. Bukan, bukan dipakai untuk memelihara tuyul atau sejenisnya. Ini investasi legal dan dilindungi OJK, kok. Mau tahu rekomendasi lain agar uang 100 ribu bisa berlipat ganda?

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: