Lompat ke konten

5 Jenis Investasi Online Modal 100 Ribu: Ada Emas!

Siapa yang belum mulai berinvestasi karena merasa bahwa investasi itu membutuhkan budget yang besar? Padahal kalau kamu perlu tambahan tabungan untuk traveling, investasi yang baik bisa jadi salah satu cara untuk nambah saldo, lho. Nah jika kamu ragu, ada baiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai. Nanti kamu bisa mulai investasi online modal 100 ribu dengan menggunakan platform pilihanmu.

Saat ini, belum banyak yang melirik platform investasi, apalagi investasi online. Mereka biasanya beralasan kalau investasi itu sulit dan berisiko tinggi. Yang ada kantornya saja sering banyak kasus, apalagi yang online, bisa jadi makin susah dilacak. Eits, boleh saja berpikiran demikian. Tapi, ada beberapa pilihan jenis investasi yang bisa dilakukan secara online dan berisiko rendah. Hanya satu syarat, periksa apakah platformya terdaftar di lembaga resmi negara. Apa saja pilihannya?

Investasi Online Modal 100 Ribu

Hal pertama yang dipertimbangkan untuk memulai investasi online adalah, tentukan dulu jenis investasi yang paling menarik buat kamu. Biasanya saat sudah tertarik akan sesuatu, seseorang akan lebih mudah mempelajari dan melakukan riset untuk mendukung keputusannya. Setelah menentukan jenisnya, kamu bisa memilih platform online yang menyediakan jenis investasi tersebut.

Saran terbaik dalam memilih platform adalah lihat rating aplikasinya, lalu lihat fitur apa saja yang disediakan, dan terakhir, cari review dari orang-orang yang sudah memakainya. Setelah melakukan beberapa langkah ini kamu siap memulai investasi online modal 100 ribu untuk menambah dana liburanmu

Artikel Terkait  5 Ide Usaha Rumahan dengan Modal 500 Ribu? Ada!

Kenapa Investasi Penting

Investasi belakangan menjadi topik yang dibicarakan di banyak platform. Hal ini pertanda bagus karena semakin banyak orang menyadari alasan penting untuk melakukan investasi, terutama investasi online modal 100 ribu. Paling tidak, ada 3 alasan untuk memulai berinvestasi.

Mencapai Tujuan Keuangan

Nah, ini yang menjadi alasan utama orang berinvestasi, mencapai tujuan keuangan atau menabung untuk tujuan tertentu. Kamu mau berinvestasi untuk liburan, untuk buka usaha, untuk menyiapkan dana darurat, yang paling penting adalah memulainya.

Menguntungkan

Alasan kedua mulai berinvestasi adalah keuntungan yang dijanjikan. Meskipun masih memiliki faktor risiko, namun dengan pengetahuan dasar yang dimiliki, risiko bisa diminimalkan. Apalagi jika kamu melengkapi diri dengan riset kecil-kecilan dan bergabung dengan komunitas yang sejalan dengan profil risikomu. Dengan memiliki supportive group, kamu bisa membangun portofoliomu dari investasi online modal kecil.

Sarana mengendalikan diri

investasi online modal 100 ribu

Investasi Online atau Belanja | Rupixen@Unsplash

Ketiga, banyak orang yang menggunakan investasi sebagai sarana untuk mengendalikan diri. Kemudahan belanja segala macam hal dan pembayaran secara online biasanya mengarah ke pembelian barang-barang yang kurang penting dan sifatnya konsumtif. Apabila kamu mulai sadar kalau perilaku ini kurang sehat, mulai alihkan alokasi budget belanjamu ke investasi online, yuk.

 

5 Jenis Investasi Online Modal 100 Ribu untuk Pemula

Kalau kamu masih ragu untuk memilih lahan investasi, ada 5 rekomendasi jenis investasi yang bisa kamu coba. Kelimanya bisa dimulai dan dijalankan secara online. Yang penting kamu harus benar-benar cek apakah platformnya sudah terdaftar di lembaga pengawas keuangan. Jangan sampai niatmu investasi online modal 100 ribu malah menghadirkan pengalaman buruk. Nah apa saja rekomendasi bentuk investasi online?

Artikel Terkait  Childhood. Rewind [2]

Emas

Investasi dalam bentuk emas sudah dikenal sejak lama. Emas diminati karena tahapan investasinya cukup mudah. Tinggal beli dan simpan. Pada saat membutuhkan dana, emas bisa langsung dijual dan biasanya nilainya sudah naik jika dibanding dengan saat pembelian.

Saat ini, berinvestasi emas juga sudah bisa dilakukan secara online. Ada banyak pilihan platform online yang menyediakan banyak fitur untuk investasi emas, tak hanya jual beli, gadai pun bisa. Bahkan, beberapa marketplace juga mulai menyediakan opsi pembelian emas setelah belanja barang. Kamu tertarik mencobanya?

investasi online modal 100 ribu

Emas: Online dan Konvensional | Regularguy@Unsplash

Reksadana

Reksadana juga menjadi salah satu rekomendasi untuk memulai berinvestasi secara online. Saat ini, sudah banyak platform online yang menyediakan kemudahan untuk membuka rekening reksadana. Setelah akunmu terverifkasi, kamu bisa memulai investasi online modal 100 ribu agar dana liburanmu segera terkumpul. Tips memulai investasi reksadana juga ada di artikel sebelumnya, lho.

Saham

Selain reksadana, banyak orang mulai melirik untuk berinvestasi menggunakan saham. Memiliki saham adalah tanda penyertaan modal ke suatu perusahaan. Gampangya, kamu jadi salah satu pemilik perusahaan.

Secara umum, investasi saham termasuk investasi risiko tinggi. Kalau kamu tertarik melakukan investasi jenis ini, ada baiknya kamu mulai belajar dasar investasi saham terlebih dahulu.

P2P Lending

Saran investasi online modal 100 ribu selanjutnya adalah P2P Lending. P2P Lending adalah investasi online berupa pinjaman kepada pihak UMKM atau perusahaan. Imbal baliknya diterima pada saat pinjaman jatuh tempo berupa bunga pinjaman.

P2P Lending bisa disamakan dengan konsep pinjam meminjam, bedanya adalah, ada perantara yang menjamin pinjaman kembali. Namun, kamu perlu cek apakah penyedia investasi P2P Lending ini sudah terdata OJK, ya.

Artikel Terkait  5 Cara Mengatur Modal dan Keuntungan untuk UMKM

Tabungan Berjangka

Saran terakhir adalah Tabungan Berjangka. Tabungan Berjangka termasuk salah satu sarana investasi yang mudah dipelajari dan dilakukan oleh pemula. Biasanya tiap bank menyediakan fitur pembukaan tabungan rencana melalui aplikasi mobile banking, sehingga kamu bisa langsung membua rekening dan mulai melakukan investasi online modal 100 ribu.

Setelah Menentukan Jenis dan Platform, Ayo Mulai Investasi!

Kamu bisa memulai investasi dari mana saja, inilah kelebihan investasi online. Selain mudah, platformnya juga menyediakan berbagai jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan ketertarikanmu. Selain itu, pilihan besaran dana investasi juga makin beragam. Pastinya hal mudah kan untuk memulai investasi online modal 100 ribu dari sekarang?

Jangan lupa untuk selalu cek apakah platformnya sudah resmi dan memiliki review yang baik dari penggunanya. Setelah baca manfaat dan contoh investasi online, kamu mau cobain yang mana?

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: