Lompat ke konten

7 Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Mahasiswa biasanya memiliki banyak keingintahuan dan kesempatan untuk mencoba hal baru. Luangnya waktu saat jeda antarsemester turut mendukung kesempatan untuk belajar hal baru, salah satunya adalah mencoba usaha modal 1 juta untuk mahasiswa.

Biasanya, menjelang kuliah kerja lapangan atau acara kampus, banyak mahasiswa yang menjadi penjual dadakan untuk menutupi kebutuhan biaya. Namun, hanya sedikit dari mereka yang menyadari peluang usaha lebih besar jika mereka mau menekuni bidang usaha dadakan itu. Memangnya, ada peluang usaha apa saja sih untuk mahasiswa?

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa

Selain untuk menutupi kebutuhan biaya acara atau ekskursi lapangan, beberapa kelompok mahasiswa memulai usaha mereka karena mereka mau mengasah jiwa enterpreneurship sekaligus mengumpulkan tabungan untuk tujuan tertentu seperti liburan, beli gadget, atau menambah modal usaha.

Ada banyak peluang usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa dijalankan, apalagi pada saat musim libur semester. Beberapa di antarannya bahkan termasuk usaha yang sifatnya evergreen, atau tahan lama, bergantung bagaimana kamu menjaga kelangsungan usahamu. Kalau kamu berminat mencoba, lanjut baca artikel sampai selesai, yuk.

Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Bisa dibilang, hampir setiap usaha yang pasarnya mahasiswa pasti laku keras asalkan punya keunikan dibanding kompetitor. Misal, kamu bisa menawarkan customized order atau sistem PO dengan durasi yang lebih singkat. Beberapa bidang usaha modal 1 juta untuk mahasiswa di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk menambah dana liburanmu.

Artikel Terkait  5 Petunjuk Investasi di Koperasi Simpan Pinjam

Jualan paket makanan

Kalau kamu mau pasar yang sifatnya kontinyu, jualan paket makanan bisa menjadi pilihan usahamu. Kamu bisa menawarkan paket makanan sehat, paket diet, atau jastip beli makanan. Event besar seperti wisuda juga bisa menjadi kesempatan buatmu untuk menjual buket snack untuk wisudawan sekaligus tambahan snack bagi pengantar wisudawan.

Thrifting

Peluang usaha yang kedua dan sedang booming adalah thrifting. Agar calon pembeli melirik dagangan thriftingmu, kamu bisa menonjolkan ciri khas, seperti vintage style atau korean style. Kemudian, manfatkan sosial media untuk memberikan ide mix and match dari stok daganganmu. Ide mix and match ini sering kali mendorong minat pembeli yang tadinya hanya melihat-lihat, akhirnya berubah pikiran untuk membeli stok daganganmu.

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa

Thrifting | Becca McHaffie@Unsplash

Sablon Custom

Makin banyak orang yang menginginkan personalized design untuk barang-barang yang mereka pakai. Alasannya sederhana, agar nampak unik. Dari fenomena ini kamu bisa memulai usaha sablon custom, terutama untuk kaos, tote bag, lanyard, sampai ke case handphone. Jangan khawatir, jika kamu tidak punya latar belakang menyablon pun, kamu tetap bisa menjadi perantara dengan membawa desain pilihan customermu ke vendor penyedia jasa sablon.

Social media manager

Di saat teman-temanmu berjualan makanan, thrifting, dan sablon custom, kamu bisa membuka usaha sebagai social media manager. Social media manager tidak hanya bertugas sebagai admin, melainkan membantu promosi lewat media digital. Biasanya, setiap tim socmed manager terdiri dari konseptor, tim desain, copywriter, dan performance/tim iklan yang bisa membantu menjalankan iklan. Meski tampak sederhana, socmed manager bisa kamu jadikan salah satu usaha modal 1 juta untuk mahasiswa.

Graphic designer

Peluang usaha selanjutnya yang direkomendasikan adalah menjual jasa desain grafis. Sebagai desainer grafis, kamu bisa menawarkan jasa untuk membuat desain slide presentasi, desain e-certificate untuk seminar, desain CV, juga membantu temanmu yang menjual jasa sablon custom dan socmed manager. Luas kan peluangnya?

Artikel Terkait  7 Ide Usaha Jajanan Modal 100 ribu untuk Traveling

Content creator

Menjadi content creator adalah salah satu bidang usaha dengan modal kecil. Biasanya kamu hanya memerlukan gadget berupa handphone dan aplikasi editing video. Namun, kamu perlu memiliki konsep yang unik dan berbeda untuk menarik perhatian audiens. Selain itu, kamu juga wajib menjaga konsistensi untuk membuat dan menyebarkan konten unikmu melalui sosial media, agar audiensmu tidak beralih ke kreator lain

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa

Sosial Media Manager | Austin Distel@Unsplash

Pet sitter/pet groomer

Nah, bidang usaha terakhir ini paling cocok untuk kamu yang sayang binatang. Seiring dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang memiliki dan merawat binatang di kos, kesempatanmu untuk menambah penghasilan juga makin besar, terutama pada saat liburan semester. Jika punya pengalaman grooming hewan, dengan modal sekitar 1 juta-an, kamu sudah bisa membeli peralatan grooming sederhana untuk usahamu. Namun jika kamu tidak punya pengalaman, cobalah untuk menjadi pet sitter atau perawat binatang peliharaan saat tuannya sedang pulang kampung atau sibuk.

Punya banyak waktu luang, ayo cari tambahan tabungan!

Mumpung memiliki banyak kesempatan dan waktu luang untuk menjajal banyak hal, termasuk berdagang, coba untuk ambil pulpen dan kertas. Kamu bisa mulai merencanakan memulai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa memberimu tambahan pendapatan dan kesempatan berusaha serta meluaskan jejaring. Berani coba sekarang?

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: