Lompat ke konten

Kursus Komputer Murah di Jakarta? Tinggal Pilih Aja

Seiring dengan perkembangan teknologi dan makin beragamnya pekerjaan di bidang digital, penggunaan komputer adalah hal yang wajar ditemui. Banyak pekerjaan mensyaratkan keahlian mengoperasikan komputer. Tak heran, tempat kursus komputer murah di Jakarta menjadi salah satu tujuan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai bukti memiliki kemampuan berkomputer.

Dalam memilih tempat kursus komputer untuk mendapatkan sertifikat, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Yang pertama, dari segi harga. Bersikaplah bijak, pilih kursus sesuai kemampuan. Kedua, lihat ragam program yang ditawarkan. Bagi pemula, bisa pilih program-program dasar seperti aplikasi perkantoran, atau jika ingin lebih spesifik, bisa pilih program kursus yang lain seperti internet marketing atau desain grafis. Ketiga, lokasi tempat kursus. Jika lokasi tempat kursus dekat dengan tempat tinggal, kamu pasti lebih semangat belajar tanpa memikirkan macet.

Kursus Komputer Murah di Jakarta

Artikel ini mengulas beberapa tempat kursus komputer murah di Jakarta yang dilengkapi dengan informasi singkat tentang harga dan program yang bisa dipilih. Semua informasi ditulis menurut detail yang tercantum di website tempat kursus. Kamu bisa pilih tempat kursus komputer sesuai dengan harga, program, atau lokasi terdekat dari tempat tinggal. 

Kalau malas browsing satu-satu, rekomendasi di bawah ini bisa dijadikan salah satu acuan dalam mencari tempat kursus sesuai kebutuhanmu. Yuk simak pilihan tempat kursus berdasarkan program yang ditawarkan!

Aplikasi Perkantoran

kursus komputer murah di jakarta

Pilih program untuk profesional (Gambar: Jason Goodman on Unsplash)

Raditya Komputer adalah salah satu lembaga yang menyediakan program kursus komputer untuk karyawan dan pelajar. Kamu bisa memilih program MS Office Professional selama 8 sesi pertemuan (16 jam kursus) dengan harga Rp450.000-Rp600.000. Program kursus di Raditya Komputer sudah termasuk pengenalan komputer dasar dan aplikasi dasar MS Office (Word, Excel, dan PowerPoint). Kelas dibuka kapan saja dan siswa mendapatkan fasilitas berupa 1 siswa 1 komputer, kelas ber-AC, modul, CD tutorial, dan sertifikat kursus.

Artikel Terkait  Gunakan 3 Cara Ini untuk Mendapatkan Wisata Hemat ke Karimunjawa!

Kalau sudah bisa MS Office dan mau upgrade bidang lain, bisa ambil program apa, ya?

Desain Grafis

Jika kamu mau mempertajam keahlianmu di bidang desain grafis, pertimbangkan untuk melihat program di Karisma Academy. Program komputer desain grafis yang tersedia di sini terdiri dari 4 pilihan: profesional, master, advanced, sampai ke expert. 

Kategori yang termurah adalah paket profesional dengan harga Rp5.500.000 untuk yang bisa ditempuh dalam waktu 2,5 bulan. Kamu akan mendapatkan pelatihan untuk Ilustrator, Photoshop, InDesign dan After Effect. Jika kamu ingin belajar paket paling lengkap, kamu bisa memilih paket expert untuk belajar selama 4,5 bulan seharga Rp8.700.000. 

Sebagai siswa di Karisma Academy, kamu bisa mengakses Online Course dengan gratis serta mendapatkan kelas online tambahan untuk Business & Entrepreneurship. Jika menghadapi kendala selama belajar, kamu bisa konsultasi sepuasnya dan tentunya bisa menentukan jadwal belajarmu sendiri.

Internet Marketing

Kelas tentang internet marketing belakangan menjadi trend di sosial media. Banyak penyedia kursus yang menawarkan program internet marketing sehingga program ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu saat mencari kursus komputer murah di Jakarta.

Salah satu lembaga yang menawarkan program Internet Marketing adalah Babastudio. Ada 2 pilihan sistem belajar di sini, offline dan online. Namun untuk saat ini yang tersedia hanya kelas online dengan harga Rp8.000.000 untuk 3 bulan belajar. Di Babastudio ada 2 materi yang ditawarkan untuk Internet Marketing yaitu cara berjualan di Google dan cara berjualan di Marketplace dan Sosial Media

Networking dan IT Support

Bidang lain yang juga banyak dicari oleh perusahaan adalah IT Support. Meski kadang dianggap gabut, namun saat jaringan komputer dan internet error, para teknisi IT langsung menjadi orang yang paling dicari. 

Artikel Terkait  Foto di Ponsel Terhapus: Coba Gunakan Aplikasi Ini

Jika tertarik dengan jaringan, baik dari level dasar maupun ingin mendalami pengetahuan networking, kamu bisa cek program dari Technolab. Kamu akan mendapatkan pelatihan tentang sistem keamanan jaringan serta melakukan backup sistem dengan baik. Harga yang dibandrol untuk kelas reguler adalah Rp6.480.000 dengan durasi pelatihan 42 jam, atau hanya Rp150.000-an untuk tiap jam pelatihan.

Desain Bangunan

Mahasiswa dan pelajar di sekolah vokasi terbantu dengan program kursus yang berfokus pada alat bantu desain bangunan seperti AutoCad. Indo Design Center menawarkan beberapa paket kursus desain bangunan dan desain Interior. Salah satu paket yang ditawarkan adalah kursus AutoCad 2D dan 3D dengan kisaran harga Rp2.000.000-Rp3.000.000 untuk 8x pertemuan. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam. Lembaga ini memberikan jaminan kursus sampai bisa. Siswa bebas datang kapan saja, bahkan setelah kursus selesai jika ia merasa belum bisa

Menariknya, Indo Design Center juga menawarkan kursus perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) sehingga bisa dibilang jika lembaga ini menyediakan paket-paket yang bisa dipilih untuk mahasiswa teknik atau pelajar di sekolah kejuruan.

Apa pertimbangan lain dalam memilih lembaga kursus komputer?

Selain harga yang harus disesuaikan dengan kemampuan, paling tidak ada 5 hal lain yang bisa membantu kamu memantapkan niat. Apa saja?

Lokasi

Jika kamu memilih kelas offline, ada baiknya kamu memilih lokasi yang mudah dijangkau dari rumah, apalagi jika kamu memanfaatkan transportasi publik. Jangan sampai perjalanan yang kamu lakukan malah menguras tenagamu sebelum belajar.

Akreditasi

Lembaga yang kredibel biasanya akan memiliki kurikulum pembelajaran yang jelas dan sertifikat yang diakui oleh lebih banyak institusi. Kamu bisa periksa apakah lembaga kursus incaran kamu ada di daftar lembaga yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional atau Kementerian Tenaga Kerja.

Artikel Terkait  #SetahunVietnam: Seni Menawar di Ben Thanh Market

Pengajar

Gunakan situs LinkedIn untuk mencari tahu profil pengajar di lembaga yang kamu tuju. Pengajar yang kredibel tidak akan segan memamerkan portofolionya ke publik. Atau kamu juga bisa bertanya kepada Customer Service tentang latar belakang pendidikan pengajarnya.

Protokol Kesehatan agar Nyaman (Sumber: airfocus on Unsplash)

Fasilitas pembelajaran

Tanyakan fasilitas pembelajaran dari lembaga. Biasanya tiap lembaga memiliki kebijakannya sendiri dalam menyediakan fasilitas pendukung. Paling tidak, jika kamu memilih kelas offline, pastikan kamu mendapatkan fasilitas 1 komputer untuk 1 siswa, ruangan ber-AC, dan lembaga yang menerapkan protokol kesehatan

Referensi

Internet adalah sarana terbaik untuk mencari referensi, testimonial, bahkan review lembaga kursus. Jangan mudah percaya dengan satu atau dua website. Jika perlu, hubungi salah satu alumni dan tanyakan pengalamannya tentang program yang akan kamu ambil.

Sudah yakin memilih?

Setelah membaca pilihan program dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mencari lembaga kursus komputer murah di Jakarta, pasti kamu sudah mantap memilih program dan lembaganya, kan? Jangan lupa tanyakan apakah ada potongan harga atau beasiswa. Lumayan kan kalau dapat cashback?

Kamu boleh ikut cerita pengalamanmu saat memilih kursus sesuai kebutuhanmu, lho. Langsung ketik aja di kolom komentar. 

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.