Lompat ke konten

5 Ide Usaha Rumahan dengan Modal 500 Ribu? Ada!

Merencanakan liburan untuk solo traveling maupun bersama keluarga, pasti dimulai dari menganggarkan biaya liburan. Meskipun kondisi perekonomian terbilang baik, tak ada salahnya untuk menyediakan biaya liburan lebih dari anggaran yang sudah disusun. Sebaliknya, jika kondisi keuangan mepet, mengapa tidak mulai dulu usaha rumahan dengan modal 500 ribu ketimbang memaksakan liburan?

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal usaha minimal. Yang terpenting adalah perencanaan usaha dan berdisiplin dalam pengelolaan modal. Konon, Benjamin Franklin mengatakan “If You Fail to Plan, You Are Planning to Fail”, tanpa perencanaan, ya siap-siaplah menuai kegagalan. Jadi apa yang bisa kamu mulai untuk merencanakan usahamu?

Usaha Rumahan dengan Modal 500 Ribu

Perencanaan utama adalah siapkan modalnya dan bagaimana kamu akan mengalokasikan uang untuk membuka usaha rumahan dengan modal 500 ribu. Dalam perencanaan ini, kamu bisa mulai membuat list alternatif usaha yang bisa kamu mulai. Biasanya, orang akan mulai usaha dengan usaha makanan karena pasarnya relatif mudah. Namun kamu perlu berhati-hati karena usaha makanan mengutamakan kebersihan dan izin usaha. Memangnya perlu izin usaha apa saja, sih?

Siapkan Izinnya Dulu, Ketimbang Kena Kasus

Salah satu jenis usaha yang menjadi pilihan adalah usaha makanan. Pelaku usaha rumahan memilih usaha makanan karena tidak memerlukan tambahan alat usaha, karena bisa memanfaatkan area dan peralatan dapur sendiri.

Artikel Terkait  Usaha Warung Kopi Sachet: Keuntungan dan Kelemahan

Namun agar usaha makananmu tidak mendatangkan masalah, urus dahulu Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. Pengurusan SPP-IRT ini cukup mudah dan tidak ada syarat yang memberatkan. Bahkan, Pemerintah Kota/Kabupaten sering menyelenggarakan sosialisasi pengurusan SPP-IRT sekaligus mempermudah pengurusan sertifikat pangan. Sertifikat ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan durasi pengurusannya pun termasuk singkat, sekitar 1 minggu saja.

Sertifikat kedua yang perlu disiapkan adalah Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Untuk mendapatkan sertifikat ini, pelaku usaha perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp300.000 dan prosesnya diklaim selesai dalam 21 hari. Seperti SPP-IRT, Sertifikat Halal juga berlaku selama 5 (lima) tahun.

5 Ide Usaha Makanan Rumahan Modal 500 Ribu Saja

Setelah menentukan jenis usaha dan mengurus sertifikatnya, sekarang saatnya menentukan jenis makanan apa yang akan dipasarkan. Kamu perlu melakukan riset kecil-kecilan sebelum benar-benar membuka usahamu. Riset ini bisa dilakukan dengan membagikan tester/sample lalu meminta pendapat calon pembeli. Nah setelah mendapat masukan dari mereka, kamu bisa  lebih pede menjual makanan sebagai bagian usaha rumahan dengan modal 500 ribu. Apa aja ya yang bisa dijual?

Frozen Food

Jika kamu tinggal di daerah pemukiman yang penghuninya sibuk, makan menyediakan stok makanan beku menjadi pilihan utama karena praktis. Selain mudah disimpan, cara mengolah makanan beku pun tidak susah, bisa dengan digoreng, dikukus, atau direbus. Agar mendapatkan harga murah, kamu bisa menghubungi distributor atau penjual grosir. Sekaligus tanyakan kemungkinan untuk dapat meminjam freezer agar kamu tidak perlu membelinya sendiri.

Dimsum usaha rumahan dengan modal 500 ribu

Dimsum | Van Thanh@Unsplash

Cemilan Siap Makan

Selain makanan beku, menjual cemilan siap makan juga bisa kamu jadikan alternatif usaha rumahan dengan modal 500 ribu. Dari stok frozen food yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan kepada calon pembeli apakah mereka mau membeli versi matangnya. Tentu saja, dengan opsi seperti ini, kamu harus memastikan makanan masih hangat dan dalam kondisi baik saat sampai ke tangan konsumen. Selain itu, makanan siap santap ini haris menggunakan kemasan yang higienis

Artikel Terkait  7 Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Nasi Bungkus

Pilihan ketiga adalah nasi bungkus. Jika kamu memiliki kemampuan memasak, coba tawarkan paket nasi bungkus dalam jumlah kecil untuk acara ulang tahun, pertemuan warga, atau bahkan acara rapat. Coba sediakan pilihan paket nasi dengan beberapa lauk sederhana dengan beberapa range harga untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, coba tarik minat penyelenggara acara dengan menawarkan paket makanan tanpa minimum order atau dengan waktu pre order yang singkat.

Sayur dan Lauk

Di samping menyediakan paket nasi, pilihan usaha rumahan dengan modal 500 ribu adalah menjual sayur dan lauk, karena tiap rumah biasanya sudah memasak nasi. Kamu bisa mencoba usaha ini jika daerah tempat tinggalmu didominasi oleh keluarga atau penghuni kos/asrama. Selain itu, kamu juga bisa sekalian menyediakan kebutuhan sayur dan lauk untuk dinikmati sendiri.

Puding dan Salad Buah

Puding dan salad buah adalah jenis makanan favorit banyak orang. Kamu bisa menyertakan puding atau salad buah sebagai bagian dari paket nasi bungkus atau nasi kotak. Atau, kamu juga bisa menjualnya secara terpisah karena makin banyak orang yang memilih untuk membeli puding dan salad buah. Alasannya lagi-lagi karena membeli lebih praktis ketimbang membuatnya. Selain itu, pasar penjualan puding dan salad buah masih terbuka lebar karena sudah menjadi pilihan utama untuk parcel dan hampers.

Buka Usaha Modal 500 Ribu? Bisa Aja!

Kamu bisa memulai usaha kapan saja. Yang paling mudah adalah usaha makanan. Tentunya, yang utama adalah modal dan riset pasar. Selain itu, siapkan dan penuhi syarat usaha rumahan agar tak muncul masalah di kemudian hari. Setelah semua terpenuhi, kamu bisa mulai usaha rumahan dengan modal 500 ribu saja. Yakinlah, tak butuh waktu lama untuk melipatgandakan modalmu dan menyimpan sebagian keuntungannya untuk biaya traveling tipis-tipis.

Artikel Terkait  #SetahunVietnam: Seni Menawar di Ben Thanh Market

 

Leave your dotprints

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: